Pertanyaan Materi Sidang Paket 3

Sabtu 18 Juni 2016 adalah hari dimana gue sidang kompre  jurusan Sistem Informasi di Kampus A Gunadarma Kenari, itu bukan pertama kalinya gue sidang disana karena sebelumnya gue udah pernah sidang PI tahun 2014 dari d3 Manajemen Informatika, gue akuin untuk pertama kalinya gue ngerasa bener-bener ketakutan yang entah kenapa bikin gue panik banget sampe ga bisa tidur semaleman sebelum hari itu, akhirnya gue memutuskan untuk ga tidur dan menghafal setiap materi yang udah gue rangkum sesederhana mungkin.  13492859_1373332686013928_1943995455_n

gue bikin rangkuman dari paket 3 yang gue ambil yaitu IMK, SBD , ANSI
jam setengah 7 gue udah sampe di kampus kenari dan suasana hening, semua memegang kertas materi sambil komat kamit tanpa henti (ngehafal) dan membuat gue semakin panik, gue pun akhirnya ngeluarin kertas rangkuman yang udah gue buat lalu gue baca ulang, entah kenapa apa yang udah gue hafalin hilang begitu saja di ingatan gue, tangan dan kaki gue jadi dingin seketika. jam 9 tepat untuk breefing dan persiapan pengumpulan foto dll. setelah itu dibagikan kertas yang berisi daftar nama dosen penguji. dan pas gue liat nama gue ternyata gue di uji oleh Bu Fenni Agustina, Pak Bambang Wahyudi dan Bu Ramdona. gue bersyukur banget karena gue dapat penguji Bu Fenni karena beliau dulu adalah Dosen pembimbing pada saat PI di D3 gue dulu, gue tau betul beliau orang yang sangat baik (rasanya seperti sudah takdir bertemu lagi dengan beliau setelah sekian lama). dan Pak Bambang ini dia adalah Dosen pembimbing temen gue waktu D3 dan temen gue bilang beliau orangnya baik dan senang bercanda. selanjutnya untuk Bu Ramdona, beliau merupakan orang yang tegas dan sedikit terlihat galak😀 hehe..
disaat pengumuman untuk masuk ke ruangan gue pun memutuskan untuk maju pertama karena gue ga mau menunggu lama yang nantinya bakal bikin gue semakin panik, walaupun gue tau maju pertama itu sangat beresiko.
oke tiba giliran gue pertama masuk ke ruangan, gue langsung di sapa oleh Bu Fenni (ANSI),
Bf : kamu siapa?
G   : saya Novie bu (sambil senyum sok kenal)
Bf : oh kamu yang dulu anak didik saya waktu D3 ya ?
G   : iya bu waktu itu saya buat PI sama ibu.
Bf : oh iya saya ingat, kamu sudah kerja?
G   : Belum bu

Bf : oke novi, sekarang menurut kamu dari ketiga mata kuliah ini mana duluan jika       diurutkan?

G   : imk, ansi ,sbd bu ( Gue jawab salah nih haha )

Bf : kamu yakin? coba kamu pikirin lagi

G   : setelah saya pikir lagi yg pertama itu Ansi , sbd lalu imk

Bf : nah itu baru bener

G   : iya bu (sambil senyum)

Bf : kamu tau perancangan sistem? apa aja sih yang dilakukan?

G   : gue jawab merancang input proses output bu

Bf : iya, lalu apa lagi? kalau perancangan itu duluan mana input dulu apa output dulu?

G   : output dulu bu

Bf : kenapa output dulu dan boleh ngga kalau input dulu?

G   : karena kita harus merancang dulu gambaran hasilnya apakah sesuai dengan kebutuhan user apakah sudah memudahkan user dalam menggunakan sistem. kalau input dulu ngga boleh bu, karena kita ga akan tau nanti hasilnya seperti apa.

Bf : iya benar, lalu apalagi setelah perancangan output dan input

G  : (gue diem karena gugup dan bener2 nge blank)

Bf : (dibantu sama bu Fenni) perancangan dialog itu masuk ngga?

G   : (akhirnya gue inget, ini maksudnya beliau itu tahapan2 perancangan sistem) iya bu perancangan dialog itu tahap ke 3, jadi urutan nya perancangan output. perancangan input, perancangan dialog. perancangan proses sistem, perancangan database, perancangan kontrol, perancangan jaringan dan perancangan komputer.

Bf : kamu tau perancangan umum?

G   : untuk memberikan gambaran umum kepada user mengenai sistem baru bu.

Bf : kalau perancangan terinci itu apa?

G   : perancangan terinci itu perancangan fisik seperti perancangan output yang bertujuan untuk mengubah data menjadi informasi yang berkualitas bu.

Bf : yaudah cukup dari saya.

Selanjutnya SBD oleh Pak Bambang Wahyudi

Pb  : Perancangan database itu apa sih?

G    : Proses untuk menentukan isi dan pengaturan data yang dibutuhkan untuk mendukung berbagai rancangan sistem ( gue jawab dengan terbata2 karna agak lupa )

Pb  : Apa aja sih yang dilakukan dalam merancang database?

G    :gue diem agak lama soalnya bener2 ngeblank saking gugupnya ) trus gue jawab aja , saya taunya cara membuat database pak.

Pb  :  pembuatan database? coba gimana

G    :  iya pak, pertama kita harus punya xampp lalu nanti masukan field nama databasenya lalu hubungkan ke mysql ( terus dipotong sama pak bambang )

Pb  : filed itu apa sih?

G    : bagian dari file pak.

Pb  : oke sekarang menurut kamu File sama Database itu besaran mana?

G    :  Database pak.

Pb  : kalo di universitas gunadarma databasenya itu isinya apa saja?

G    : Data mahasiswa, Data Dosen , Data mata kuliah , kelas.

Pb  : oke sudah.

Dan yang terakhir IMK oleh Bu Ramdona

Br  :  Apa yang kamu ketahui tentang IMK?

G   : ilmu yang mempelajari tentang hubungan anatara manusia dan komputer meliputi perancangan, evaluasi, implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia.

Br : mudah digunakan manusianya itu seperti apa?

G   : memudah kan pekerjaan bu.

Br : iya saya tau memudahkan, tapi itu memudahkannya seperti apa ( sambil tegas dengan nada kesal dan membuat gue semakin panik )

G   : iya seperti menyelesaikan tugas dalam pekerjaan bu.

Br : nah begitu, coba sekarang saya mau kamu ulangi defini tadi dengan jawaban singkat tanpa harus ada kata meliputi ( dengan nada yang tegas dan gue cuman bisa ngeliatin mata nya )

G  : ( akhirnya gue ulangin definisi nya) imk adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer untuk memudahkan manusia dalam menyelesaikan tugas.

Br : nah kan begitu simpel lebih singkat dan jelas , kata Tugas itu sudah mewakili semuanya seperti perancangan evaluasi dll.

G   : iya bu. ( senyumin aja biar keliatan ga panik )  

Br : apalagi ya, oke prototype itu apa?

G   : ( gue ga belajar materi bab ini )

Br : ayo masa kamu ga tau sih, yang kamu pelajari itu emangnya apa?

G   : ( makin panik, mental down ) saya belajar ilmu2 yang terkait dalam imk dan prinsip2 imk bu.

Br : yaudah ilmu2 yang terkait itu apa aja?

G   : psikologi, ergonomi ..( lalu di potong sama Bu Ramdona )

Br : Ergonomi itu apa sih?

G   : Berkaitan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan yang nyaman bu, misalnya bentuk meja , kursi layar tampilan , pencahayaan.

Br :  bentuk meja kursi itu maksudnya gimana?

G   : iya bu jadi di sesuaikan tinggi tempat duduknya dengan layar monitor apa sudah sesuai dengan kita untuk mendapatkan kenyamanan.

Br : terus apalagi?

G   : pencahayaan bu , lampu ruangan di atur agar tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap.

Br : udah deh segitu aja dari saya.

Ya sudah kamu boleh meninggalkan ruangan kata Bu Fenni, iya bu makasih ya bu, pak (sambil senyum).

setelah keluar dari ruangan rasanya lega banget dan gue yakin banget pasti lulus haha

akhirnya tepat jam 2 di umumin kelulusan, seperti pengalaman gue di sidang PI waktu D3 dulu kalo gelombang pertama yg dipanggil udah pasti lulus , dan gue dipanggil di gelombang pertama yang membuat gue semakin yakin kalo gue lulus, dan tiba saat pengumuman seperti biasa dosen membuat suasana yang menegangkan untuk menakut-nakuti mahasiswa. dan masuk kelompok 2 dan dinyatakan lulus. alhamdulilah selesai sudah perjuangan gue di S1 ini.

Terima kasih untuk kamu yang sudah menemani dari semester 5 hingga saat ini🙂

13479489_1373388886008308_2077390662_n                                           You Are the Most Beautiful Grace to Me ♥

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s