Globalisasi dan Dampaknya

Globalisasi berasal dari kata globe yang berarti dunia. Secara sederhana, globalisasi dapat diartikan sebagai suatu proses yang mendunia. Pengertian globalisasi adalah masuknya atau meluasnya pengaruh dari suatu wilayah/negara ke wilayah/negara lain dan atau proses masuknya suatu negara dalam pergaulan dunia. Proses globalisasi mengandung implikasi bahwa suatu aktifitas yang sebelumnya terbatas jangkauannya secara nasional, secara bertahap berkembang menjadi tidak terbatas pada suatu negara. Globalisasi menunjukkan semakin meningkatnya ketergantungan antarindividu dan antarmasyarakat di seluruh dunia. Jadi, pengertian globalisasi adalah menyatunya negara-negara yang ada di dunia menjadi satu negara yang sangat besar tanpa mengenal batas.

Pengertian Globalisasi
Salah satu penyebab terjadinya globalisasi adalah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama teknologi komunikasi, seperti teknologi media cetak dan media elektronik. Media elektronik dapat menembus ruang dan waktu dan fakta informasi yang terjadi di suatu negara dapat diakses oleh negara lain yang beribu-ribu kilometer jaraknya dalam waktu yang sama. Selengkapnya. faktor-faktor penyebab globalisasi adalah:
• Adanya kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi sehingga menjamin kemudahan terlaksananya transaksi ekonomi antarnegara.
• Adanya kemajuan ilmu pengetahuan di bidang teknologi transportasi sehingga memudahkan transfer barang dan jasa antarnegara.
• Adanya kemajuan kerja sama ekonomi internasional yang semakin erat sehingga memudahkan terjadinya kesepakatan-kesepakatan antarnegara.
Berkembangnya arus globalisasi jelas memberikan dampak pada kehidupan manusia, baik positif maupun negatif. Berikut ini beberapa dampak postif globalisasi:
• Pola hidup yang serba cepat: Teknologi memberikan manfaat waktu bagi masyarakat, misalnya dikembangkannya dalam bidang pertanian. Penelitian bibit unggul, pembuatan mesin traktor, dan penggarapan sawah yang baik, membuat petani yang awalnya memanen padinya enam bulan sekali, sekarang sudah dapat memanen padinya setiap tiga bulan sekali.
• Pesatnya perkembangan informasi dan teknologi: Perkembangan teknologi informasi sangat besar manfaatnya, mulai dari telepon selular, internet, dan televisi. Manfaat yang dapat diperoleh masyarakat dengan adanya perkembangan informasi sangat banyak. Misalnya, dengan adanya internet manusia dapat mencari ilmu pengetahuan secara gratis dan melimpah.
• Pemanfaatan sumber daya alam yang melimpah: Teknologi berperan besar dalam usaha pemanfaatan sumber daya alam, mulai dari penemuan sumber daya alam potensial, pengolahan sumber daya alam, dan penggunaan sumber daya alam. Misalnya pemanfaatan sumber daya emas PT Freeport di Papua akan memberikan peluang kerja bagi masyarakat Papua itu sendiri.
Sedangkan, dampak negatif globalisasi antara lain sebagai berikut:
• Berkurangnya tenaga kerja yang bergerak di sektor pertanian: Banyak industri modern berdampak pada kebutuhan tenaga kerja yang sangat banyak sehingga masyarakat yang awalnya berkerja sebagai petani beralih pekerjaan menjadi buruh pabrik.
• Perubahan dari kehidupan berasaskan kebersamaan menjadi kehidupan individualis: Perubahan ini terjadi karena kesibukan masyarakat yang sudah bersifat materialistis dan melupakan kehidupan sosialnya. Gejala ini sudah mulai terjadi di daerah perkotaan yang merupakan pusat dari perkembangan teknologi. Dengan jadwal pekerjaan yang padat, masyarakat perkotaan cenderung jarang berinteraksi dengan tetangganya.
• Masuknya pola hidup budaya barat: Pesatnya teknologi informasi dan transportasi mempercepat terjadinya pertukaran budaya antar negara. Masuknya budaya barat yang banyak ketidakcocokan dengan budaya timur.

sumber: http://www.pengertianahli.com/2013/11/pengertian-penyebab-dampak-globalisasi.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s