TUGAS MANAJEMEN & ORGANISASI


 

Manajemen merupakan suatu ilmu pengetahuan yang berkembang pada abab ke-19.pada saat itu mulai ada tulisan – tulisan mengenai manajemen,seperti yang di kemukakan oleh john Robert beishline  didalam memecahkan masalah  manajemen ada 3 golongan yaitu:

      1.Manajemen Konvesional

      2. Manajemen Sistematis

      3.Manajemen Secara ilmu

 

 

1.Manajemen konvensional

Manajemen yang berarti manajemen di dalam menghadapi masalah, memecahkan dengan berdasarkan tindakan yang di ambil dari masa lalu jadi selalu berdasar kan tradisi.

2. Manajemen Sistematis

Merupakan suatu langkah menuju manajemen berdasarkan ilmu dalam pemecahan masalah yang dihadapinya manajer bedasarkan pada pengalamannya dan pengalaman orang lain. Jadi, apa yang digunakan oleh orang lain dengan berhasil di jadikan pedoman dan prakteknya.

3.Manajemen Secara ilmu

Merupakan manajemen yang menetapkan dengan seksama dalam personal – persoalan yang dihadapi,membuat suatu patokan sebagai penegas untuk bekerja,mengumpulkan bahan – bahan untuk mencapai cara pemecahan masalah sementara.dengan demikian manajemen secarailmu merupakan suatu cara berupa pengamatan dan analisis yang logis,yang menuju pada suatu rencana yang efektif.

 

 

 

Menurut klasifikasi Harbinson dan Myer yang diambil dari bukunya“management in industrial word” terdapat 3 type managerial elite.

  • Patrimonial management

Ada pada perusahaan yang dimiliki oleh anggota – angota keluarga,di dalam kedudukan – kedudukan penting sebagian besar hieraki jabatan dalam perusahaan ditangan anggta – anggota tersebut.

  • Political management

Suatu bentuk berupa kedudukan penting dan pokok dari organisasi di pegang oleh orang – orang yang mempunyai hubungan politik dan di dasarkan atas loyalitas kepada suatu partai tertentu pertimbangan politik lebih di utamakan dan tujuan – tujuan perusahaan pun diarahkan kepada tujuan politik tertentu.contoh kira – kira tahun 1920 di Rusia,tegasnya setelelah revolusi tahun oktober 1917 pemimpin politik di Rusia tidak mempercayai lagi pelaksana progam partainya lagi kepada manajer – manajer yang memegang peranan sebelum revolusi 1917.kemudian mereka menempatkan anggota – anggota partai diatas para manajer,maksudnya agar memiliki pengaruh langsung atas pelaksanaan progam.

  • Profesional management

Kedudukan yang strategis dan penting diserahkan kepada mereka yang memberikan bukti akan kecakapannya.jadi,bukan didasarkan pada hubungan keluarga atau partai politik.pemberian kedudukan kepada Profesional management  ialah atas jasa dan hasil yang mereka berikan dalam perkembangan suatu organisasi atau usaha.

Di Indonesia saat ini,bahkan kemampuan kecondongan bahwa para manajer merupakan suatu golongan profesi.contoh manajemen sebagai profesi di Rusia dan Amerika serikat. Di Rusia, para manajer melaksanakan rencana – rencana di berbagai bidang dan kepada mereka di beri tempat,fasilitas dan insentif yang besar sekali.mereka diberi “bonus” yang jauh lebih besar dari pekerja.ini mengakibatkan mereka lebih “elite” .akhirnya ditempatkalah anggota – anggota partai diatas para manajer sehingga di Rusia berlaku type profesi yang di dasarkan oleh Political management.Di Amerika serikat terdapat suatu pemisahan dalam perusahaan – perusahaan antara pemilik dan manajer sehingga mempercepat timbulnya manajemen sebagai profesi.

 

 

Sumber : buku Perkembangan dan Pelopor ilmu manajemen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s